Jumat, 19 Mei 2017

kegunaan peralatan kantor

Pentingnya Peralatan Kantor bagi sebuah Perkantoran

Perlengkapan kantor adalah istilah generik yang mengacu kepada semua perlengkapan yang umumnya digunakan di kantor, perusahaan dan organisasi lainnya mulai dari perorangan sampai pemerintah, yang bekerja pengumpulan, perbaikan, dan keluaran informasi (dalam bahasa sehari-hari disebut dengan “kertas kerja”).
Perlengkapan Kantor memiliki peranan yang cukup penting bagi pekerjaan instansi, perlengkapan kantor yang baik, cukup jumlahnya, beraneka ragam jenisnya akan semakin mempermudah pekerjaan para pegawainya.
Istilah perlengkapan kantor ini meliputi barang-barang kecil yang digunakan sehari-hari seperti penjepit kertas, staples, pelubang kertas, bolpen dan kertas, tetapi juga mencakup perlengkapan mahal seperti komputer, printer, mesin faksimili, mesin foto kopi dan kas register, serta furnitur kantor seperti bilik, lemari arsip dan meja.
Mengapa ada beberapa perlengkapan kantor yang memang harus ada pada sebuah perkantoran? Anda dapat membayangkan sendiri apa jadinya apabila sebuah perkantoran tidak mempunyai meja, kursi, atau lemari arsip? Terbayangkan repotnya.
Seorang sekretaris akan sangat memerlukan kertas untuk melakukan kegiatan surat-menyurat atau mencetak dokumen-dokumen penting lainnya. Berbagai dokumen yang telah diinput ke dalam komputer tidak akan ada gunanya apabila harus segera dicetak tanpa adanya kertas. Begitu juga dengan ketersediaan tinta printer. Apabila tinta printernya kosong atau habis maka dokumen-dokumen yang siap cetakpun tidak akan jadi dicetak sehingga menyebabkan terbengkalainya tugas-tugas perkantoran.
Kegunaan perlengkapan kantor yaitu:
• Untuk mendukung aktivitas pekerjaan kantor
• Mempermudah dan mempercepat proses pelaksanaan kegiatan kantor
• Memperoleh hasil yang lebih maksimal, baik, dan memuaskan
• Sebagai asset kantor dan pelengkap kantor.
Perlengkapan kantor Meliputi :
1. Bekal Kantor
Benda-benda yang akan habis dalam pemakaiannya sehari-hari di kantor.
2. Pesawat Kantor
semua mesin komunikasi yang berfungsi sebagai alat untuk mengadakan komunikasi.
3. Perlatan Kantor
adalah alat alat kecil yang digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas – tugas yang tidak terlalu berat maupun yang berat sekalipun, namun tidak habis dipakai
4. Mesin Kantor
adalah rangkaian sistem alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah, dan menghasilakan bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan kantor. Mulai kantor yang paling kecil sampai kantor yang paling besar tidak pernah luput dari penggunaan mesin kantor.
5. Alat Peraga bantu Peraga
Adalah alat yang membantu memperlancar komunikasi yang diadakan dalam suatu rapat atau pertemuan antara penyaji dengan pendengar/peserta yaitu mengenai penambahan pengalaman melalui pendengaran, penglihatan, dan praktik, melaluui penggunaan alat-alat peraga tersebut.
6. Perabot Kantor
Adalah benda-benda kantor yang pada umumnya dipergunakan untuk melaksanakan tugas kantor dan juga dapat menciptakan suasana kantor yang nyaman, indah dan serasi. Ruangan kantor yang ditata sedemikian rupa, dapat membuat orang tertarik dan betah berada di kantor.
Advertisements

0 komentar:

Posting Komentar