Jumat, 19 Mei 2017

Perbedaan Perlengkapan & Peralatan Kantor

Perbedaan Perlengkapan & Peralatan Kantor


Perlengkapan & Peralatan kantor merupakan hal wajib yang menunjang operasional perusahaan. Para karyawan dituntut untuk memiliki kinerja yang baik sehingga organisasi dimana mereka bekerja dapat berkembang dan bersaing dengan organisasi yang lainnya. Namun, kompetensi dan pengetahuan di bidang masing-masing saja tidak cukup. Dalam pelaksanaannya, para karyawan tersebut juga perlu disediakan alat-alat dan perlengkapan pendukung. Tanpa hal-hal tersebut, segala aktifitas dapat terkendala.
Seringkali, kita masih sulit membedakan antara Perlengkapan & Peralatan kantor. Tanpa sadar pengelompokkan yang salah mempengaruhi data inventarisasi dan juga pembukuan yang berkaitan dengan kedua hal tersebut. Itulah mengapa, bagian inventaris harus benar-benar memahami perbedaannya. Peralatan kantor bisa diartikan sebagai barang-barang yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama dan mengalami penyusutan. Biasanya, benda-benda tersebut besar dan berat serta memerlukan perawatan khusus karena harganya yang relatif mahal. Setiap periode, akan dilakukan penghitungan nilai guna peralatan sesuai dengan besarnya nilai penyusutan yang kemudian akan dicantumkan dalam pembukuan. Contohnya mesin, meja dan kursi, komputer dan printer serta lemari arsip. Lain halnya dengan peralatan, perlengkapan kantor merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melengkapi peralatan. Umumnya berukuran kecil, cepat habis, sering digunakan dan harganya tidak terlalu mahal. Contohnya alat tulis, tinta printer, map dan kalender.
Perbedaan antara Perlengkapan & Peralatan kantor menjadi lebih jelas terlihat setelah memahami pengertian dan mengetahui contoh-contohnya. Pengelompokkan tersebut akan membantu proses pencatatan pada laporan keuangan perusahaan. Selain itu, akan lebih memudahkan saat membeli stok perlengkapan atau peralatan yang baru. Ada banyak toko yang sekaligus menyediakan keduanya atau satu di antara kedua hal tersebut. Karena jumlah barang yang diperlukan biasanya tidak sedikit, maka akan jauh lebih praktis kalau Anda membeli Perlengkapan & Peralatan kantor secara online. Namun, bukan berarti bahwa aktifitas ini dapat berjalan dengan mudah. Anda perlu memperhatikan poin-poin berikut ini saat memilih supplier:
  • Memiliki customer service terpercaya yang bisa diandalkan untuk memperbaiki peralatan yang rusak.
  • Terdapat jasa pengiriman yang cepat untuk produk yang telah dipesan.
  • Menawarkan pilihan pemesanan yang mudah untuk setiap perlengkapan dan peralatan.
  • Menarkan produk-produk yang berkualitas.
  • Memberikan garansi pada produk yang dijual
  • Memberikan informasi lengkap tentang tata cara pembayaran dan jadwal pengiriman
Membeli barang secara online memang tidak selalu aman. Perlu perhatian yang seksama terhadap kualitas barang dan juga penjualnya. Terlepas dari resiko itu, Anda tetap akan mendapatkan beragam manfaat dengan berbelanja Perlengkapan & Peralatan kantor melalui internet. Ini merupakan solusi praktis untuk menghemat waktu dan biaya karena menghindarkan Anda dari rayuan sales yang kemungkinan akan membuat Anda belanja lebih dari yang diperlukan.
Advertisements

0 komentar:

Posting Komentar