Jumat, 19 Mei 2017

manfaat peralatan kantor

MANFAAT DAN JENIS-JENIS PERALATAN KANTOR

Peralatan kantor adalah istilah yang mengacu pada semua perlengkapan yang digunakan untuk menunjang aktivitas di kantor. Alat kantor memiliki perananyang penting bagi pekerjaan. Ada banyak jenis yang beraneka ragam jenis peralatan yang dapat mempermudah pekerjaan karyawan.
Peralatan kantor meliputi semua barang-barang yang digunakan sehari-hari seperti: kertas, penjepit kertas, ballpoint, pinsil dsb. Tidak hanya itu, perlengkapan kantor juga meliputi furniture dan perlengkapan elektronik, seperti: komputer, printer, mesin foto copy, faxsmili, scanning dsb.
Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika sebuah kantor tidak memiliki peralatan dan perlengkapan, tentu akan repot dan pekerjaan menjadi terhambat. Contohnya: seorang sekretaris sangat memerlukan kertas untuk kegiatan surat menyurat atau mencetak data dan dokumen penting lainnya.
Manfaat / Kegunaan Perlengkapan Kantor
  • Mendukung aktivitas dan pekerjaan kantor
  • Mempermudah, mempercepat proses pengerjaan dan pelaksanaan kegiatan kantor.
  • Memperoleh hasil pekerjaan yang maksimal dan memuaskan.
  • Sebagai asset kantor dan perlengkapan kantor
Jenis-Jenis Perlengkapan Kantor
Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, alat-alat kantor banyak sekali jenisnya. Berdasarkan pengelompokkannya, alat-alat kantor dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:
  • Benda Kantor
Yang masuk ke dalam jenis benda-benda kantor yang akan habis pemakaiannya contohnya: kertas, tinta, ballpoint, pinsil, penghapus dsb.
  • Pesawat Kantor
Perlengkapan yang masuk ke dalam pesawat kantor adalah semua jenis mesin komunikasi yang fungsinya digunakan untuk mengadakan komunikasi.
  • Peralatan Kantor
Perlengkapan ini terdiri dari alat-alat kantor yang kecil yang fungsinya untuk membantu menyelesaikanberbagai tugas yang tidak terlalu berat dan tidak akan habis pakai.
  • Mesin Kantor
Adalah peralatan yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah serta menghasilkan bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan. Mulai dari kantor yang kecil hingga yang besar sekalipun tidak akan pernah lepas dari penggunaan mesin kantor,
  • Alat Peraga Bantu Peraga
Adalah peralatan yang membantu untuk mempelancar komunikasi, biasanya digunakan untuk rapat atau pertemuan antara penyaji dengan peserta atau pendengar. Dengan adanya peralatan ini membantu menambah pengalaman melalui penglihatan, pendengaran dan praktek.
  • Perabotan Kantor
Jenis-jenis perabotan kantor tidak sekedar sebagai benda fungsional, namun bisa menciptakan suasana kantor yang nyaman, serasi dan indah. Ruangan kantor yang ditata sedemikian rupa menggunakan perabotan yang cocok dapat membuat karyawan merasa nyaman dan betah saat berada di kantor, sehingga mereka akan lebih semangat bekerja.
Berdasarkan pembahasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa peralatan kantor sangat mendukung aktivitas pekerjaan di sebuah kantor. Dengan adanya peralatan tersebut dapat membantu meringankan pekerjaan para pegawai dan mempermudah mengerjakan segala urusan kantor.
Berhubungan dengan peralatan kantor yang dibutuhkan tidak lepas dari kegiatan inventarisasi yaitu kegiatan yang berhubungan dengan apakah peralatan perlu ditambah atau tidak, perlu diperbaiki atau tidak, perlu diganti atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar