Jumat, 19 Mei 2017

macam-macam kerajinan tangan

17 Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Ini Bisa Kamu Buat di Rumah

Kerajinan tangan dari botol bekas, vas bunga dari botol bekasVas Bunga dari Botol Bekas
KERAJINAN TANGAN – Ide membuat sebuah kerajinan tangan biasanya dengan meniru kerajinan tangan yang sudah ada atau dengan memodifikasi bentuk atau bahannya. Sering kali kita mendapatkan ide membuat   kerajinan tangan dari barang bekas melalui gambar atau informasi yang kita dapatkan melalui pencarian di internet.
Banyak contoh kerajian tangan yang mudah dibuat, yang bisa kita temukan melalui internet di banyak website atau melalui video di youtube. Dari macam-macam kerajinan tangan yang ada, kali ini kita akan membahas kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat secara mandiri.
Sudah banyak sekali kreasi tangan dari barang bekas yang sering kali berujung menjadi sampah yang tidak memiiki nilai. Dengan menjadikan barang-barang bekas tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai seni, kita bisa mengurangi penumpukan sampah, minimal di sekitar kita.
Mulai dari kertas bekas, botol bekas, sisa-sisa kain tekstil, sampah sedotan, plastik dan berbagai macam barang bekas lainnya. Pasti di sekitar kamu banyak barang bekas yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan.
Yuk simak, beberapa contoh gambar aneka kerajinan tangan dari barang bekas dan cara pembuatannya yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat kerajinan tangan kamu sendiri di rumah.

1. Pot Bunga dari Botol Bekas

kerajinan tangan dari botol bekas berupa pot bunga
Pot Bunga dari Botol Bekas – fabartdiy.com
Pot bunga di atas terlihat cantik bukan? Bahan pembuatnya hanya dengan menggunakan botol plastik bekas lho. Contoh di atas hanyalah salah satu contoh kerajinan dari barang bekas. Gambar di atas merupakan salah satu contoh desain pot bunga saja. Mungkin kamu bisa membuat desain yang lebih bagus dari ini dengan kreatifitas yang kamu miliki.
Selain dengan menggunakan botol bekas, kamu juga bisa membuat sebuah pot bunga yang sejenis dengan ini menggunakan kaleng minuman bekas atau barang bekas lainnya.
Banyak sekali produk-produk minuman sekarang yang menggunakan botol plastik sebagai kemasannya. Kebanyakan dari kita, setelah isi minumannya habis, botolnya seringkali kita buang dan hanya menjadi sampah.
Lain halnya kalau kita mengumpulkan sampah botol plastik ini untuk kemudian kita buat menjadi sebuah kerajinan tangan unik. Salah satu contohnya adalah pot bunga seperti pada gambar di atas. Inilah contoh kerajinan tangan dari botol bekas yang mungkin bisa kamu coba di rumah.

2. Lampu Hias dari Kardus Bekas

kerajinan tangan dari kardus bekas berupa lampu hias
Lampu Hias dari Kardus Bekas – arq4design.com
Salah satu prakarya dari kardus adalah lampu hias seperti pada gambar.
Lampu hias seperti ini bisa mempercantik dekorasi interior kamar tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi. Berbahan kertas kardus bekas dan beberapa bahan pelengkap lainnya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk membuat lampu hias seperti ini.
Kerajinan dari kardus bekas seperti ini tidak terlalu rumit dibuat. Cukup dengan ketrampilan dan bekal kreatifas saja, serta tekat yang kuat, kamu sudah bisa membuat ketrampilan dari barang bekas seperti ini.
Kamu bisa menempatkan lampu hias ini di kamar tidur, di ruang keluarga, atau ruang lainnya yang menurut kamu perlu dipercantik dengan lampu hias seperti ini.
Untuk menambah dekorasi ruangan kamu juga bisa menambah dengan hiasan dinding yang lucu.

3. Tempat Tisu dari Kaleng bekas

Kerajinan tangan dari kaleng bekas berupa tempat tisu
Tempat Tisu dari Kaleng Bekas – yamplungotnay.blogspot.com
Kaleng merupakan salah satu sampah rumah tangga yang sering kita temui. Mungkin bagi yang masih memiliki balita dan menggunakan susu formula sebagai asupan bagi balitanya, kaleng bekas susu bubuknya sering kali menumpuk di dapur.
Daripada kaleng-kaleng ini tidak dimanfaatkan, lebih baik kaleng ini kita jadikan saja sebagai tempat tisu. Yang kamu perlukan beberapa alat untuk membuat lubang pada bagian penutup atasnya dan cat atau stiker.
Lubang pada bagian atas ini nantinya bakal digunakan sebagai tempat mengambil tisu, sedangkan cat digunakan untuk melukis atau menggambar bagian luarnya supaya temat tisunya menjadi lebih cantik. Kalau tidak ada cat, cukup dengan tempelkan stiker atau kertas polos saja pada bagian luar kalengnya.
Kalau lapisan luar kaleng dlpisi dengan kertas polos, kamu juga bisa menambhakan gambar atau tulisan sesuai dengan yang kamu sukai.
Kamu bisa lihat contoh pada gambar di atas, cantik kan hasil akhir tempat tisunya. Yuk manfaatkan kaleng bekas yang ada di sekitar, supaya tidak menjadi sampah.

4. Celengan dari Kardus Bekas

kerajina tangan dari kardus bekas berbentuk celengan
Celengan dari Kardus bekas – www.instructables.com
Untuk melatih ketrampilan anak-anak kamu bisa ajak mereka untuk membuat sebuah celengan dari kertas kardus seperti pada gambar di atas. Kreasi dari kardus bekas ini mungkin bisa dijadikan menjadi tugas muatan lokal untuk membuat kerajinan tangan celengan dari kardus bekas.
Tugas kamu adalah membuat pola utamanya dan memberi pengarahan saat perakitan. Nanti anak didik kamu yang merakitnya kalau mereka belum bisa memotong pola sendiri. Ajari mereka dengan sabar, supaya hasilnya bisa maksimal dan anak-anak tetap senang karena hal ini juga bisa jadi media untuk bermain anak.
Setelah celengan masing-masing anak jadi, mereka pasti akan bangga dengan hasil karyanya masing-masing dan celenganya bisa mereka gunakan untuk menabung di rumah.
Dari sini kita bisa mengajarkan beberapa ilmu sekaligus. Pertama, ilmu untuk membuat kerajinan tangan dari bahan bekas kardus. Kedua, ilmu untuk berhemat, karena dengan hasil akhir yang berupa celengan ini memacu mereka untuk bisa menabung kedepannya.

5. Taplak Meja dari Sedotan

Kerajinan tangan dari sedotan berupa taplak meja
Taplak Meja dari Sedotan – ohrumahminimalis.com
Mungkin bagi kamu yang belum pernah melihat tidak akan menyangka kalau sedotan juga bisa dijadikan taplak meja seperti pada gambar. Dengan memanfaatkan sedotan bekas ternyata kita bisa membuatnya menjadi sesuatu yang bermanfaat bahkan bisa bernilai ekonomi.
Taplak dari sedotan ini bisa kamu kreasikan motifnya, susuna warnanya bisa kamu buat seragam atau warna-warni sesuai dengan selera yang kamu suka.
Alat dan bahan yang kamu perlukan hanya beberapa meter benang dan sedotan tentunya serta gunting untuk memotong-motong sedotan. Oh iya, supaya ukurannya seragam, alangkah baiknya kamu menggunakan alat ukur seperti penggaris untuk mengukur panjang pendek potongan sedotannya.

6. Tempat Tisu dari Koran Bekas

Kerajinan tangan dari koran bekas berbentuk tempat tisu
Tempat Tisu dari Koran Bekas – candrapambudi86.blogspot.comdi
Tempat tisu pasti sangat dibutuhkan di rumah. Koran bekas yang berakhir di bawah meja atau bahkan cuma menumpuk di gudang saja mungkin akan lebih bernilai kalau kita kreasikan menjadi sebuah kerajinan tangan.
Kerajinan tangan dari koran bekas yang mudah untuk dibuat yaitu tempat tisu seperti pada gambar. Salah satu contoh ketrampilan barang bekas yang bisa kamu coba.
Lumayan untuk mengisi waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat tempat tisu dari koran bekas yang ada di rumah.
Pertama, kertas koran bekas tadi dipilin sampai seukuran sedotan atau lebih besar sedikit. Setelah gulungan-gulungan koran sudah banyak, saatnya kita potong-potong dengan ukuran tertentu sejumlah yang dibutuhkan.
Selanjutnya, kita susun potongan gulungan tersebut pada sebuah kertas karton atau kardus untuk penguatnya dan ditempelkan. Nantinya, sisi yang ada kertas karton ini di tempatkan di sisi dalam supaya yang terlihat di luar adalah gulungan korannya seperti pada gambar. Selamat mencoba !!!

7. Bunga dari Sedotan

Kerajinan tangan dari sedotan berupa bunga
Bunga dari Sedotan – zhahab.blogspot.com
Ini nih salah satu prakarya dari barang bekas berbahan sedotan. Kamu bisa mendapatkan sedotan di sekitar kamu, terutama di warung-warung yang menjual minuman. Pastinya banyak sekali sampah sedotan yang tidak terpakai lagi. Daripada dibuang begitu saja, kita bisa memanfaatkannya menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan keren.
Dari berbagai jenis kerajinan tangan dari sedotan, bentuk bunga adalah salah satu alternatif pilihan yang bisa kamu pilih. Sebelum dibuat menjadi kerajinan bunga plastik, sebaiknya sedotan-sedotan yang sudah kamu kumpulkan dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibilas dengan air.
Cara membuat bunga dari sedotan bisa kamu lihat pada gambar berikut ini. Langkah-langkahnya :
Caramembuat bunga mawar dari sedotan bekas
Caramembuat bunga mawar dari sedotan bekas
Gambar di atas merupakan  cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas berupa sedotan menjadi sebuah hiasan bunga yang cantik.

8. Mini Pot dari Cangkang Telor

kerajinan tangan dari barang bekas cangkang telor
Mini Pot dari Cangkang Telor – mastphotos.com
Cangkang telor yang sudah tidak terpakai ternyata bisa kita manfaatkan sebagai mini pot di rumah. Seperti yang bisa kamu lihat di gambar, mini pot dari cangkang telor ini memang lucu. Bentuknya unik, alami dan lucu.
Prakarya dari bahan bekas seperti ini memang jarang sekali kita temui. Mungkin masih banyak yang belum kepikiran untuk memanfaatkan limbah cangkang telor dijadikan kerajinan tangan unik seperti ini.
Kamu bisa menanam bunga-bunga kecil atau tanaman hias lainnya yang minimalis. Karena pot dari cangkang telor memang ukurannya tidak begitu besar, jadi disarankan untuk menanam tanaman kecil saja.
Dengan mini pot ini kamu juga bisa membuat hiasan yang unik di ruangan tertentu yang perlu sentuhan minimalis. Kreatifitasmu di sini bakal dibutuhkan untuk membuat mini pot dan tanamannya terasa lebih hidup secara alami dan tetep keren.

9. Pot Tanaman dari Ban Bekas

Pot Tanaman dari Ban Bkas
Pot Tanaman dari Ban Bkas – pinterest.com
Karya dari barang bekas berikutnya adalah pot tanaman dari ban bekas.
Jarang sekali orang memanfaatkan ban bekas sebagai pot tanaman seperti pada gambar. Mungkin karena di Indonesia masih sedikit orang yang memiliki kendaraan roda empat, sehingga ban bekas masih susah didapat di sekitar rumah.
Namun, untuk kamu yang punya banyak koleksi ban bekas di rumah atau punya kenalan yang memiliki koleksi ban bekas yang sudah tidak terpakai mungkin kamu bisa memanfaatkan ban bekas yang kamu dapat untuk dijadikan sebagai pot tanaman.
Ide pot tanaman dari ban bekas ini juga bisa diaplikasikan di taman-taman umum. Dengan menambahkan warna-warni pada ban tersebut juga akan menambah kesan cantik pada taman tempat pot ban bekas ini berlabuh.
Oh iya, pilih tanaman yang cocok untuk ditanam di pot ini dan sesuaikan dengan warna ban bekasnya sehingga warna-warninya akan padu dan terlihat lebih indah. Bagi kamu yang suka dengan tanaman bunga, pot seperti ini mungkin bisa jadi pilihan untuk tempat menanam yang berbeda dari tempat pada umumnya.

10. Tempat Charger Hape dari Botol Bekas

kerajinan tangan dari botol bekas
Tempat Charger HP yang Kreatif – hacksnavida.com
Saat mengisi baterai handphone seringkali kita mencari tempat landasan yang aman untuk menggeletakkan hape-nya. Kalau colokan listriknya berada di lantai sih tidak masalah, tapi kalau colokan listrik yang tersedia ada di dinding dan tidak ada landasan untuk menaruh hape bagaimana dong?
Ini nih solusinya. Salah satu kreasi barang bekas, kerajinan tangan dari bahan plastik. Bisa kamu lihat di gambar. Idenya cukup sederhana tapi syarat akan manfaat. Bahan untuk membuatnya pun tidak susah dicari. Cukup menggunakan botol plastik bekas yang pipih seperti bekas botol sampo atau semacamnya.
Cara membuat kerajinan tangan yang mudah ini bisa kamu lihat seperti pada gambar. Tidak sulit kan.
Dengan cara seperti ini, sekarang kamu dapat dengan mudah mengisi baterai hape dimana pun kamu suka. Tidak bingung kalau cuma ada colokan di dinding, karena sudah ada tempat hape saat mengisi baterai.

0 komentar:

Posting Komentar